Tips Desain Arsitektur Rumah Sederhana

Rumah Sederhana - justru banyak orang sekarang yang mendambakan konsep rumah sederhana untuk desain arsitektur rumahnya. Beberapa faktor yang membuat seseorang lebih menyukai rumah sederhana ketimbang rumah besar, antara lain sebagai berikut:

-Budget untuk membangun rumah sederhana tentunya lebih murah daripada harus membangun rumah yang besar.
-Di zaman serba sibuk tentu rumah sederhana sangat efektif karena tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk membereskan dan menatanya tetap rapi sedemikian rupa.
-Kebanyakan keluarga sekarang memang keluarga kecil sehingga rumah sederhana sudah cukup untuk menampung semua anggota keluarga.
-Tidak banyak ruang mubazir, semua ruangan akan dipakai berdasarkan fungsi. kembali ke poin kedua maka hal ini akan membuat efektif aktivitas seluruh anggota keluarga.

Dengan mengetahui kelebihan rumah sederhana tersebut maka hal ini setidaknya akan mempengaruhi Anda juga dalam menentukan desain arsitektur rumah Anda apakah ingin rumah yang sederhana ataupun rumah besar. Namun dengan melihat kelebihan dan manfaat dari arsitektur rumah sederhana, tidak peduli apakah Anda memiliki budget yang sedikit ataupun banyak bisa memilih desain rumah sederhana. Apa saja tips desain arsitektur rumah sederhana untuk rumah idaman terbaik Anda? Bagaimana agar desain dan penataannya tidak begitu padat? Dan bagaimana rumah sederhana idaman Anda tetap kelihat sangat cantik dan elegan meski dalam ukuran kecil?

Tips Desain untuk Membangun Rumah Sederhana Idaman Anda

Berikut hal-hal yang mesti Anda perhatikan ketika ingin membangun dan mewujud rumah sederhana idaman Anda. Ya, pada saat ingin membangun rumah sederhana, kita juga tidak mesti terpaku pada kata 'sederhana' tersebut. Hal tersebut tentu tidak membuat kita terlalu kaku sehingga melupakan elemen-elemen yang mungkin tidak kelihatan penting namun sebenarnya sangat berguna. Oleh karena ingin meminimalisirkan dana atau budget pembangunan rumah sederhana tersebut - yang ada tidak sesuai harapan dan malah membuat Anda menyesal. Tentu Anda tidak mau seperti itu 'kan? Nah berikut beberapa elemen rumah sederhana yang perlu diketahui dan diingat pada saat proses membuat desain arsitektur rumah sederhana Anda:

1. Bangunlah rumah sederhana dengan ruang tamu yang 'melegakan'. Memiliki ruang tamu yang sedikit plong akan membuat rumah tersebut terasa lebih luas. Apalagi biasanya konsep rumah sederhana memusatkan hampir semua kegiatan di ruang tamu karena tidak adanya ruang keluarga. Maka dari itu, minimal luas ruangan tamu untuk desain arsitektur rumah sederhana adalah 3x6m. Hal ini akan bisa membuat aktivitas keluarga dilakukan di ruang tamu karena sekaligus menjadi ruang keluarga. Anda masih punya cukup ruang menaruh sofa beserta mejanya, televisi dan meja kecil penghias ruangan.

2. Setidaknya bangun rumah sederhana dengan minimal 2 kamar. 1 kamar berfungsi sebagai kamar utama bagi orang tua dan 1 kamar lagi bisa digunakan sebagai kamar tidur anak. Belum lagi hal ini dikarenakan pemikiran orang zaman sekarang yang memang sudah menganggap bahwa kamar tidur merupakan tempat kedua bagi mereka. Di sini digunakan sebagai tempat beraktivitas dan sebagai ruang kerja apabila sudah bekerja dan ruang belajar bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

3. Tidak lupa untuk menyediakan kamar mandi setidaknya 1 kamar mandi di dalam rumah. Namun, perlu diperhatikan untuk membuat kamar mandi yang tidak terlalu kecil. Kalaupun Anda harus membuat kamar mandi yang kecil maka pastikan untuk membuat sebuah tempat di luar rumah sebagai tempat untuk mencuci pakaian, mencuci piring dan sebagainya. Tempat di luar tersebut bisa Anda buat sedemikian rupa tanpa harus membangun ruangan baru lagi di luar rumah, melainkan seperti teras kecil dengan ukuran 1,5x1,5 meter.

4. Desain arsitektur rumah sederhana Anda sebaiknya yang memang sesuai dengan iklim Indonesia yang tropis dan pastinya hemat perawatan. Contohnya adalah dengan menggunakan cat berwarna cerah, ventilasi yang cukup, jendela yang mengikuti arah angin, plafon yang agak tinggi dan hal yang tidak terlalu sering diperhatikan adalah dengan meminimalisir sekat ruangan.

Nah, dengan tips desain arsitektur untuk rumah sederhana ini semoga Anda bisa mendapatkan rumah impian yang minim budget, fungsional dan pastinya tidak merepotkan!

:D

HermanLaja.COM